Luragung.Com

Catatan Anak Luragung

Menu

Pengenalan, Sejarah, Manfaat dan Kerugian Internet

November 4, 2014 | Internet

Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung keseluruh dunia tanpa batas geografis dan waktu. Jarinagn komputer menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).

A. Sejarah Internet

Jaringan Komputer berawal ketika George Stibitz dari Darthmouth Collage di New Hampshire pada bulan September 1940 menggunakan mesin teletip untuk mengirimkan beberapa masalah ke Complex Number Calculator di New York. George pun menerima balasan dengan alat yang sama. Kesuksesan inilah yang menarik perhatian ARPA. ARPA(Advanced Research Project Agency) merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat(1969).

Sehingga pada tahun 1962, seorang bernama J.C.R.Lickliader mengembangkan sebuah grup jaringan yang disbut dengan “Intergalatic Networks”, sebagai cikal bakal pengembangan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Pada tahun 1964, seorang peneliti di Darthmouth menggembangkan sistem tersebut pada komputer. Pada tahun yang sama, MIT(Massachussetts Institute o Technology) membentuk grup penelitan yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs, dengan komputer bernama PDP-81 untuk mengarahkan dan mengatur koneksi telepon. di mana mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Tahun 1968, Paul Bran mengusulkan model jaringan yang terdiri datagram dan paket-paket yang dapat digunakan dalam jaringan sistem komputer.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek ARPANET adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada tahun 1969 mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu.

Pada bulan Oktober 1972 secara umum ARPANET diperkenalkan. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Dan dari situlah merupakan cikal bakal internet berkembang hingga detik ini.

B. Aplikasi Internet

Saat ini terdapat banyak sekali aplikasi internet yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai bidang seperti pendidikan, militer, kesehatan, hiburan, media massa, industri dan masih banyak lagi. Aplikasi internet diantaranya yaitu :

1. WWW (World Wide Web)

Istilah singkatnya W3 (three doubleyou). WWW atau web adalah sebuah sistem di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet  webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. WWW merupakan dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Format WWW adalah hypertext dan hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML). Membuat file berformat HTML ini dapat secara perintah manual yang diketik dalam program Notepad (dengan penyimpanan ekstension diubah menjadi *.html) atau melalui berbagai macam program pembuatan dokumen untuk WWW (contoh yaitu Microsoft Front Page).Dengan program ini file HTML dapat di lihat melalui preview yang sudah tersedia. HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Contoh dari WWW adalah www.luragung.com.

2. Email (Electronic Mail)

Email adalah sistem surat menyurat melalui komputer yang saling terhubung dengan jaringan global. Email merupakan surat elektronik yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan surat, cerita, puisi bahkan bisa juga mengirimkan berupa file dokumen, gambar, musik, film dan sebagainya. Dengan demikian e-mail berfungsi sebagai alat komunikasi untuk pengiriman/penerimaan yang hanya berisikan data elektronik.

Fasilitas yang dimiliki oleh email adalah membalas surat seperti Reply of Author, Reply to All, meneruskan surat Forward sekaligus menambahkan dengan Forward Attache, mengirim surat dengan Send Receive, dan email yang kita kirim dapat disimpan dalam sent item. Dengan menggunakan email kita dapat berkomunikasi dengan cepat dan murah tidak hanya dalam satu daerah atau satu kota melainkan dapat mengirim ke seluruh dunia. Penggunaan email hampir mirip dengan kita mengirim surat melalui kantor pos yaitu dengan menuliskan alamat email kita dan alamat email yang kita tuju. Salah satu contoh alamat email adalah luragung@yahoo.co.id.

 3. FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasanya digunakan untuk download (mencari/mengambil file dari sebuah situs). File ini bisa berupa hasil penelitian, artikel, gambar, lagu. Aplikasi FTP  prinsipnya memindahkan file antar host dan berupa konsep client-server, yang interaktif, keamanan lebih terjamin, bisa otorisasi, tidak semua client bisa akses.

Adapun fungsi dari FTP diantaranya:

1) Sebagai sarana untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain.

2) Sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.

3) Sebagai sarana  untuk melakukan proses upload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.

C. Syarat Terhubung ke Internet

Syarat agar dapat terhubung atau terkoneksi keInternet, sebagai berikut:

  1. MODEM (Modulator Demodulator) = Alat yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan Internet dengan Komputer Pengguna. Fungsi Modem adalah merubah Sinyal Analog menjadi Sinyal Digital.
  2. TELEPON = Telepon disini digunakan sebagai jalur koneksi Internet dan jika Telepon yang digunakan Telepon Sellular maka dapat juga sekaligus digunakan sebagai MODEM.
  3. INTERNET SERVICE PROVIDER (Penyedia Layanan Intyernet)
  4. SOFTWARE (Perangkat Lunak) = Perangkat lunak yang dibutuhkan dalam mengkoneksikan komputer Anda dengan jaringan internet antara lain : (1)Driver Modem , (2)Web Browser, (3)LAN Card, dll

D. Manfaat Internet

  1. Sebagai media komunikasi
  2. Media pertukaran data
  3. Media untuk mencari informasi
  4. Mempermudah mencari informasi
  5. Lahan informasi berbagai bidang
  6. Sumber Penghasilan
  7. Kemudahan berbisnis
  8. Efisien tenaga, waktu, uang, jarak

E. Kerugian Menggunakan Internet

  1. Mudah mengakses pornografi
  2. Banyak ditampilkan sadisme
  3. Cyber crime
  4. Hacker
  5. Perjudian on line
  6. Penipuan
  7. Kecanduan
  8. Penipuan

Baca juga tentang Pengenalan dan Dasar Dasar HTML untuk sitemap matakuliah, bisa dilihat disini.

tags:

Related For Pengenalan, Sejarah, Manfaat dan Kerugian Internet