Luragung.Com

Catatan Anak Luragung

Menu

Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus

November 8, 2014 | Komputer

Virus KomputerCara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus – Mengamankan file dari virus merupakan pekerjaan yang wajib dilakukan oleh semua orang yang memiliki file penting di dalam sebuah komputer. Terkadang, kita suka dibuatkan kerepotan oleh namanya virus. haduh, menyebalkan sekali virus itu, apalagi data kita tersebut sangatlah penting. Saya ilustrasikan untuk kasus ini seperti ini, misalkan anda pergi ke warnet, nah ternyata di warnet tersebut sudah ada virusnya. dan alhasil data yang anda butuhkan juga pastinya akan terkena imbasnya juga yaitu “hilang”. untuk itu, kali ini saya akan menuliskan tentang  bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus tersebut. Cara kerja virus ini sangat sederhana yaitu merubah setiap folder dan file yang ada di komputer atau flashdisk menjadi file applikasi dengan kapasitas yang digandakan menjadi 32 Kb (tertulis disaat kita membuka). Kalau kejadannya seperti ini, biasanya virus ini lebih terkenal dengan sebutan virus shortcut. virus shortcut ini akan merubah semua file menjadi sebuah shortcut dengan ukuran 32 Kb.

Walaupun ada beberapa vendor antivirus yang ada didunia ini mampu mengembalikan semua data yang terinfeksi virus, tapi tidak semuanya begitu. Saya contohkan seperti ini, antivirus smadav konon katanya bisa mengembalikan file tersebut lagi (saya tidak pake smadav), tapi antivirus yang saya suka gunakan yaitu avira, data yang terinfeksi akan hilang.

Data tersebut bukanlah terhapus, melainkan terkena super hident. sbnrnya data tersebut ada, untuk itu, kali ini bakalan saya tuliskan artikel tentang cara mengembalikan file yang terhapus oleh virus yang sebenarnya bukan terhapus tetapi di hident.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus yaitu :

1. Klik start

2. Kemudian pilih run

3. Kemudian ketikan kata cmd

4. Selanjutnya akan muncul command prompt.

5. Nah inilah bagian yang terpenting dari pembahasan kita kali ini, pada commandprompt ini kita ketikkan attrib /? Untuk mengetahui beberapa perintah pada

properties attribute melalui command prompt.

6. selanjutnya pada pompt tersebut akan muncul sederatan kalimat yang menjelaskan tentang attribute seperti:- tanda (+) untuk sets an attribute

– tanda (– ) untuk Clears an attribute

– huruf R untuk read-only file attributes

– huruf A untuk Archive file attribute

– huruf S untuk System file attribute

– huruf H untuk Hidden file attribute

– /S untuk proses penyamaan file di dalam file sebelumnya yang ada di komputer

– /D untuk proses yang akan dilakukan terhadap file itu sendiri

7. Kembali kepada file yang terhapus tersebut maka perintah yang kita ketikkan pada command prompt ini adalah : (ketikkan perintah ini pada Drive C:> atau D:> atau dimana tempat file yang terhapus sebelumnya). attrib –s –h *.* /S /D

8. Selanjutnya refresh komputer atau semua drive yang ada di komputer kita, hasilnya file yang terhapus tersebut muncul kembali.

Nah, kalo ingin mudahnya, anda bisa menggunkan perintah attrib –s –h *.* /S /D  di dideroktori penyimpanan data yang sudah terkena virus tersebut melalui command prompt.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus

Mudah bukan Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus atau Cara Mengembalikan File yang di hiddent oleh Virus ini? kalau mudah, silahkan anda praktekan langsung dan mudah mudahan dengan cara ini anda berhasil mengembalikan data anda. Anda pun tidak usah khawatir lagi dengan data anda yang terhapus oleh virus, karena seperti pepatah mengatakan bahwa banyak jalan menuju Roma. Demikian pula dengan masalah anda, banyak cara untuk menyelesaikannya. Saya rasa cukup sampai disini artikel yang dapat saya tuliskan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

tags:

Related For Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus