Luragung.Com

Catatan Anak Luragung

Menu

Data Independence Dalam Basis Data

November 8, 2014 | Pemrograman

Data Independence Dalam Basis Dataluragung.com – Data Independence Dalam Basis Data – Dasar sebuah pemrograman memang kita harus mengerti tetang basis data. Bagaimana mungkin anda akan mengerti bahasa pemograman tanpa anda paham terlebih dahulu. Dalam mempelajari basis data, anda harus mempelajari dahulu tentang Data Independence. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Data Independence Dalam Basis Data.  Tujuan utama dari 3 tingkat arsitektur adalah memelihara kemandirian data (data independence) yang berarti perubahan yang terjadi pada tingkat yang lebih rendah tidak mempengaruhi tingkat yang lebih tinggi. Data Independence adalah jenis transparansi data yang penting untuk DBMS terpusat.

Ada dua tingkat data Independence Dalam Basis Data Yaitu :

Tingkat Pertama

Struktur logika dari data (The logical structure of the data) dikenal sebagai definisi skema( schema definition). Secara umum, jika aplikasi pengguna beroperasi pada subset dari atribut relasi, seharusnya tidak akan terpengaruh, ketika atribut baru ditambahkan ke relasi yang sama. Independensi data logis menunjukkan bahwa skema konseptual dapat diubah tanpa mempengaruhi skema yang ada.

Tingkat Kedua

Struktur fisik data (The physical structure of the data) disebut sebagai “deskripsi data fisik (physical data description)”. Physical data independence deals menawarkan dengan menyembunyikan detail dari struktur penyimpanan dari aplikasi pengguna. Aplikasi tidak boleh terlibat dengan masalah ini karena, secara konseptual, tidak ada perbedaan dalam operasi yang dilakukan terhadap data.

Ada 2 jenis data independence, yaitu

1. Physical Data Independence

bahwa internal schema dapat diubah oleh DBA tanpa menggangu conceptual schema. Dengan kata lain physical data independence menunjukkan kekebalan conceptual schema terhadap perubahan internal schema.

2. Logical Data Independence

bahwa conceptual schema dapat diubah oleh DBA tanpa menggangu external schema. Dengan kata lain logical data independence menunjukkan kekebalan external schema terhadap perubahan conceptual schema.

Prinsip data independence adalah salah satu hal yang harus diterapkan di dalam pengelolaan sistem basis data dengan alasan-alasan sbb :

1. DBA dapat mengubah isi, lokasi, perwujudan dalam organisasi basis data tanpa mengganggu program-program aplikasi yang sudah ada.

2. Pabrik / agen peralatan / software pengolahan data dapat memperkenalkan produk-produk baru tanpa mengganggu program-program aplikasi yang sudah ada.

3. Untuk memindahkan perkembangan program-program aplikasi

4. Memberikan fasilitas pengontrolan terpusat oleh DBA demi keamanan dan integritas data dengan memperhatikan perubahan

perubahan kebutuhan pengguna.

Data Independence Dalam Basis Data – Basis data sebenarnya cukup mudah, tetapi alangkah lebih baik kita mencoba dan terus mencoba apa yang kita dapatkan itu di praktekan langsung. Kenapa harus praktek, karena dengan praktek anda akan benar-benar paham. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan tentang Data Independence Dalam Basis Data, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Sumber : Modul Basis Data Gunadarma & Wikipedia

pengertian Data Independence, APA YANG DIMAKSUD DENGAN DATA INDEPENDENCE, 2 jenis data independent pengertian, data independence adalah, 2 jns data independen, perbedaan logical data independence and physical data independence, pengertian data independen, data independen, istila dari data independen, independensi data

Related For Data Independence Dalam Basis Data