Luragung.Com

Catatan Anak Luragung

Menu

Istilah-istilah dalam Basis Data

January 27, 2016 | Pemrograman

luragung.com – Pada Pembahasan kali ini saya akan menerangkan istilah-istilah yang ada pada basis data. Seperti artikel yang dulu sudah saya tuliskan kemarin tentang pengenalan basis data yaitu bahwa basis data ini merupakan salah satu matakuliah yang ada di perguruan tinggi. Terkadang, ada beberapa matakuliah yang sama yaitu, basis data, sistem basis data, dan ada juga yang menyebutkan data management. sebenarnya, ini matakuliah yang sama. walaupun mungkin ada beberapa bab yang sedikit berbeda tergantung dari kebijakan dosennya masing-maing.

Sebelum kita lebih jauh mengenal basis data, ada beberapa istilah yang harus dipahami yaitu :

1. DBMS (Database Management System)

DBMS adalah Perangkat Lunak yang menangani semua pengaksesan ke basis data. Sistem Basis Data terdiri dari basis data dan DBMS. DBMS ini adalah software pengelola dari kita membuat sebuah basis data. perhatikan gambar dibawah ini :

Istilah-istilah dalam Basis Data

Istilah-istilah dalam Basis Data

2. Enterprise

ENterprise yaitu Suatu bentuk organisasi atau lembaga sebuah perusahaan contohnya yaitu bank, universitas, rumah sakit, dll.

Data yang disimpan dalam basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise. Contoh data operasional : data keuangan, data mahasiswa, data pasien

3. Entitas

Entitas yaitu Suatu obyek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalam basis data. Tentu saja, entitas ini biasanya mempunya sebuah atribut. Kumpulan dari entitas disebut Himpunan Entitas (exp. Semua Mahasiswa).

Contoh Entitas dalam lingkungan universitasyaitu : Mahasiswa, mata kuliah

4. Atribut (Elemen Data).

Atribut yaitu Karakteristik dari suatu entitas atau sebuah komponen bagian dari Entitas.

Contoh : Entitas Mahasiswa atributnya terdiri dari Npm, Nama, Alamat, Tanggal lahir.

5. Nilai Data (Data Value)

Nilai data yaitu Isi data / informasi yang tercakup dalam setiap elemen data.

Contoh Atribut dari entitas Mahasiswa dapat berisi Nilai Data : agus, arif, dina, susi.

6. Kunci Elemen Data (Key Data Element)

Kunci Elemen Data / Primary key yaitu Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. Pada dasarnya, Primarykey ini haruslah unik, dan nilai data dari primarykey ini tidak boleh sama dengan nilai data dengan yang lainnya.

Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci Elemen Data npm.

7. Record Data

Recor Data yaitu Kumpulan Isi Elemen data yang saling berhubungan.

Contoh : kumpulan atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir dari Entitas Mahasiswa berisikan : “10200123”, “Sulaeman”, “Jl. Sirsak 28 Jakarta”, “8 Maret 1983”.

Kalau saya boleh menggambarkan, urutannya adalah seperti ini (contoh langsung):

Enterprise ==>> Entitas ==>> Atribut ==>> Nilai data

universitas =>> Mahasiswa => nim, nama =>> 11106861, ipan ripai

lalu, pada atribut, ada yang namanya primary key, untuk contoh diatas, primary key nya adalah NIM, dan setiap nim mahasiswa, itu pasti berbeda dengan yang lainnya.

Istilah-istilah dalam Basis Data

Semoga saja artikel tentang Istilah-istilah dalam Basis Data ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan anda terus belajar apa yang dalam basis data sebelumnya saya sudah menuliskan tentang  Pengenalan Basis Data  cukup sekian ya artikel tentang Istilah-istilah dalam Basis Data. sekian

Sumber Ref : Modul Gunadarma

istilah dalam basis data, istilah basis data, istilah istilah basis data, istilah istilah dalam basis data, istilah database, istilah istilah dalam database, istilah dalam database, istilah tentang database, pengertian atribut dalam basis data, istilah istilah pada basis data

Related For Istilah-istilah dalam Basis Data