Luragung.Com

Catatan Anak Luragung

Menu

Pengenalan, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Pemrograman PHP

November 6, 2014 | Pemrograman

A. Pengenalan Program PHP

Pengenalan Pemrograman PHPPengenalan, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Pemrograman PHP – PHP (Hypertext Preprocessor) yaitu sebuah bahasa pemrograman yang bisa disisipkan ke dalam script HTML dan berjalan di sisi server, biasanya dipakai untuk membuat website agar lebih dinamis. PHP ini banyak digunakan dalam sebuah web yang dinamis dan dalam penggunaannya memerlukan sebuah tempat penyimpanan data yang disebut dengan database. Selain itu, menggunakan bahasa PHP kita bisa terhubung dengan database dan banyak lagi kegunaanya. PHP merupakan server-side scripting language, seperti ASP. Skrip PHP dieksekusi di server, PHP mendukung banyak database (MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC, dll), PHP merupakan perangkat lunak open source.

Karena sifat dari PHP merupakan sebuah bahasa pemograman yang sifatnya dinamis, maka banyak para programmer untuk sebuah web yang menggunakannya. Dalam penggunaan PHP, ini lebih mudah dibandingkan dengan bahasa pemograman yang lainnya, sehingga sangat cocok dipergunakan oleh para pemula yang sedang belajar dalam pemograman.

Ada beberapa fungsi yang biasa orang pergunakan dalam menggunakan PHP ini misalnya :

  • Web Akademis, sekarang banyak sekali para institusi sebuah akademis khususnya dalam dunia pendidikan sudah menggunakan PHP sebagai sistem akademik yang mereka buat.
  • Web Perusahaan, Tidak sedikit perusahaan perusahaan menggunakan web sebagai media promosi untuk perusahaannya.
  • Web Pemerintah, Tidak kalah ketinggalan, untuk sekarang ini banyak sekali web milik pemerintah yang menggunakan PHP sebagai dasar webnya. Sehingga masyarakat mengetahui perkembangan daerahnya.
  • Web Berita. Dalam era teknologi seperti sekarang ini, banyak sekali web berita yang populer dan memang web mereka tersebut menggunakan PHP.

B. Sejarah PHP

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

C. Kelebihan Pemrograman PHP

Kelebihan Pemrograman PHP yaitu :

  • Open Souce
  • Web Menjadi Dinamis
  • PHP dapat berjalan dalam web server yang berbeda dan dalam Sistem Operasi yang berbeda.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah
  • Gratis dan Mendukung banyak Database.

D. Kekurangan Pemrograman PHP

Kekurangan dari Bahasa Pemrograman PHP yaitu :

  • Tidak detail untuk pengembangan skala besar.
  • Tidak memiliki system pemrogaman berorientasi objek yang sesungguhnya.
  • Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logic dengan baik.
  • PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrogaman dan kurang memperhatikan isu konfigurasi PHP.
  • Kode PHP dapat dibaca semua orang, dan kompilasi hanya dapat dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend.

Pengenalan, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Pemrograman PHP

Pengenalan, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Pemrograman PHP – Mungkin masih banyak yang harus dibahas sebagai pembuka dari Pengenalan, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Pemrograman PHP kedepannya akan dibahas lagi lebih dalam tentang PHP. sebelumnya juga sudah dibahas mengenai Pengenalan dan Dasar Dasar HTML atau anda bisa melihat Materi Kuliah ini. Kedepannya akan dibahas mengenai Contoh Program dan Instalasi PHP. Terimakasih.

Bahasa Pemrograman c pengertian sejarah kelebihan kekurangan contoh
tags:

Related For Pengenalan, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Pemrograman PHP