Luragung.Com

Catatan Anak Luragung

Menu

Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARC

August 19, 2014 | Pemrograman

Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARCluragung.com – Pada pembahasan kali ini saya akan menerangkan tentang Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARC. Sebagaimana kita tahu bahwa pembahsaan kali ini juga sangat penting. karena apa yang dibahas kali ini tentang tujuan dari tiga tingkatan arsitektur basis data, Extenal Level, Conseptual level dan internal level.

Ketiga tingkatan arsitektur basis data ini bertujuan untuk membedakan cara pandang pemakai terhadap basis data dan juga cara pembuatan basis data secara fisik.

ANSI-SPARCH adalah kepanjangan dari stands for American National Standards Institute, Standards Planning And Requirements Committee yaitu standar desain abstrak untuk Sistem Manajemen Database (DBMS), pertama kali diusulkan pada tahun 1975. Model ANSI-SPARC ini, tidak pernah menjadi standar formal.

Tujuan dari Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARC yaitu

  • Setiap pengguna harus dapat mengakses data yang sama, tetapi memiliki pandangan yang berbeda disesuaikan data.
  • Pengguna tidak harus berurusan dengan penyimpanan database fisik. Mereka harus diizinkan untuk bekerja dengan data itu sendiri, tanpa memperhatikan bagaimana secara fisik disimpan.
  • Database administrator harus mampu mengubah struktur penyimpanan database tanpa mempengaruhi pandangan pengguna.
  • Struktur internal dari database harus tidak terpengaruh oleh perubahan aspek fisik penyimpanan: Sebagai contoh, migrasi atau perindahan ke disk baru.
  • Database administrator harus mampu mengubah struktur konseptual atau global database tanpa mempengaruhi pengguna: Ini harus mungkin tetap mempertahankan pandangan pengguna individu yang diinginkan ‘.

Tujuan utama dari sistem basis data adalah menyediakan pemakai melalui suatu pandangan abstrak mengenai data, dengan menyembunyikan detail dari bagaimana data disimpan dan dimanipulasikan. Oleh karena itu, titik awal untuk perancangan sebuah basis data haruslah abstrak dan deskripsi umum dari kebutuhan-kebutuhan informasi suatu organisasi harus digambarkan di dalam basis data.

Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARC

Ketiga tingkatannya yaitu:

1. Tingkat Eksternal (External Level)

Pada Tingkat eksternal merupakan cara pandang pemakai terhadap basis data agar pembuatan basis data ini relevan bagi seorang pemakai tertentu. Karena, pada dasarnya Tingkat eksternal terdiri dari sejumlah cara pandang yang berbeda dari sebuah basis data. Masing-masing pemakai merepresentasikan dalam bentuk yang sudah dikenalnya. Cara pandang secara eksternal hanya terbatas pada entitas, atribut dan hubungan antar entitas (relationship) yang diperlukan saja.

2. Tingkat Konseptual (Conseptual Level)

Tingkat konseptual merupakan kumpulan cara pandang terhadap basis data. Pada tingkat ini menggambarkan data yang disimpan dalam basis data dan hubungan antara datanya.

Hal-hal yang digambarkan dalam tingkat konseptual adalah :

  • semua entitas beserta atribut dan hubungannya
  • batasan data
  • informasi semantik tentang data
  • keamanan dan integritas informasi

Semua cara pandang pada tingkat eksternal berupa data yang dibutuhkan oleh pemakai harus sudah tercakup di dalam tingkat konseptual atau dapat diturunkan dari data yang ada. Deskripsi data dari entitas pada tingkat ini hanya terdiri dari jenis data dan besarnya atribut tanpa memperhatikan besarnya penyimpanan dalam ukuran byte.

3. Tingkat Internal (Internal Level)

Tingkat internal merupakan perwujudan basis data dalam komputer. Pada tingkat ini menggambarkan bagaimana basis data disimpan secara fisik di dalam peralatan storage yang berkaitan erat dengan tempat penyimpanan / physical storage.

Tingkat internal memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • alokasi ruang penyimpanan data dan indeks
  • deskripsi record untuk penyimpanan (dengan ukuran penyimpanan untuk data elemen)
  • penempatan record
  • pemampatan data dan teknik encryption

Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARC

Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARC –Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan tentang Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARC, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua yang sedang mempelajari tentang basis data. Terimakasih

Referensi: Wikipedia & Modul Gunadarma

tingkatan dalam basis data, tingkatan arsitektur basis data, 3 tingkatan arsitektur basis data, gambarkan arsitektur database ANSI-ASPARC, sebukan 3 tingkat arsitektur basis data, gambar arsitektur data base ANSI-ASPARC, tingkatan database, Tiga tingkatan dalam arsitektur basis data, tiga tingkatan dalam arsitektur database beserta gambar, pandangan database dalam tiga level

Related For Tiga Tingkatan Arsitektur Basis Data ANSI-SPARC